Satu Pekan Jelang Idul Adha 2024, Penjualan Hewan Masih Sepi

- 9 Juni 2024, 18:29 WIB
Ternak sapi yang sudah distempel  disalah satu  peternak sapi di Kecamatan Cijeungjing.
Ternak sapi yang sudah distempel disalah satu peternak sapi di Kecamatan Cijeungjing. /

KABAR CIAMIS,- Satu pekan menjelang Hari Raya Idul Adha 2024, sejumlah pedagang hewan kurban baik sapi maupun kambing mengakui permintaan atau pembelian dari masyarakat masih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Daya beli masyarakat terhadap hewan kurban masih rendah memasuki Hari Raya Idul Adha 2024. Hal tersebut terlihat dari lapak pedagang jual beli kambing dan sapi yang ada di wilayah seputaran Kota Ciamis yang belum ada lonjakan pembeli.

Salah seorang pedagang hewan kurban, H. Toping, menyebut aktivitas jual beli sapi berjalan seperti biasa. Namun tidak ada lonjakan seperti tahun lalu yang biasanya dua pekan sebelum Hari Raya Idul Adha, masyarakat beramai-ramai membeli hewan kurban.

Menurutnya puluhan hewan kurban yang ia jual merupakan jenis sapi lokal dan campuran.
 "Sudah ada beberapa yang pesan untuk Hari Raya Idul Adha. Tapi masih banyak yang belum terjual. Harga sapi dari Rp 15 juta hingga Rp 35 juta. Paling mahal Limosin seharga Rp 35 juta. Kalau lokal dari 15 hingga 17 juta rupiah," ucapnya, Minggu (9/6/2024).

Sementara itu, salah seorang pembeli, H. Agustin mengatakan ada sedikit terjadi kenaikan harga hewan kurban dibandingkan tahun sebelumnya. Harga sapi mengalami kenaikan sekitar satu juta rupiah. 

Harga semula di kisaran Rp 20 juta menjadi Rp 21 juta per ekor. Sedangkan jenis sapi dengan harga 22 juta rupiah naik menjadi Rp 23 juta tergantung ukuran sapi. 

"Saya sudah pesan yang memang ada tandanya di telinga dan sudah ada stempel pihak dinas terkait, itu artinya sehat. Kebetulan kami selalu membeli sapi itu dari peternak lokal yang ada di Ciamis, kalau dari luar kan tidak tahu, biar tidak ragu sehingga aman untuk dikonsumsi," ujarnya.

Editor: Endang SB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah