Ngarak Pataka HUT Ciamis ke 382 Kembali ke Jaman Dulu, Ini Alasan Kadis Parwisata Ciamis

- 7 Juni 2024, 09:09 WIB
Ngarak Pataka pada peringatan hari jadi Ciamis tahun lalu.
Ngarak Pataka pada peringatan hari jadi Ciamis tahun lalu. /

KABAR CIAMIS,- Kegiatan Ngarak Pataka yang biasa digelar dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Ciamis selalu dilaksanakan di lima eks kewedanaan Kabupaten Ciamis. Di hari jadi Kabupaten Ciamis ke 382 tahun 2024 ini, hanya akan berlangsung di pusat Kota Ciamis saja.

Kepala Dinas Pariwisata Ciamis, Budi Kurnia membenarkan akan adanya pelaksanaan kegiatan Ngarak Pataka dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Ciamis ke 382 tahun 2024.

Menurutnya, pada tahun ini pelaksanaan Ngarak Pataka akan berlangsung di pusat kota saja. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di 5 eks kewedanaan Kabupaten Ciamis.

"Ngarak Pataka tetap ada, hanya konsepnya kalau tahun-tahun sebelumnya itu kita disebar di 5 titik eks kewedanaan. Tahun ini hanya di pusat kota saja, dilaksanakan di tanggal 12 Juni 2024 pada saat rapat paripurna," katanya, Jumat (7/6/2024).

Menurutnya, adapun rute Ngarak Pataka tahun 2024 ini yaitu dari Pendopo Bupati Ciamis ke DPRD Kabupaten Ciamis. Jadi seperti jaman dulu sebelum di arak ke 5 eks kewedanaan Kabupaten Ciamis.

"Konsepnya seperti dulu, jadi di arak dari Pendopo Bupati Ciamis menuju Gedung DPRD Ciamis pada pelaksanaan Rapat Paripurna," tuturnya.

Budi menjelaskan, alasan tidak di arak ke 5 titik Eks Kewedanaan seperti tahun sebelumnya itu salah satunya tahun ini sudah menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, jadi untuk menjaga kondusifitas.

"Bukan hanya persoalan anggaran, tapi kan kita menjelang Pilkada. Jadi, untuk acara hari jadi tahun 2024 ini dilaksanakan di pusat kota saja," jelasnya.

Mudah-mudahan saja, lanjut Budi, tahun 2025 itu bisa kembali digelar di 5 eks kewedanaan sebagai pemerataan dan juga seluruh warga Ciamis tidak jauh-jauh nonton ke pusat kota.

"Jadi ini lebih ke momentum tahun Pilkada, maka dari itu kita lebih menyederhanakan acara rangkaian hari jadi Kabupaten Ciamis ke 382 tahun 2024," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Endang SB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah